//
you're reading...
Diesel Elektrik

BB202

BB202

BB202

Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe ketiga dengan transmisi daya DC – DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif dengan generic name G18U6 ini berbeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung (nose) dan sangat pendek ukurannya. Lokomotif dengan sisa 6 lokomotif yang dapat beroperasi ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati untuk dinasan kereta penumpang dan kereta barang.

Lokomotif ini didatangkan pada tahun 1967 sebanyak 3 unit. Lokomotif ini ditugaskan bersama sama dengan lokomotif BB203 dan lokomotif D52 di sumatera selatan Awal tugasnya adalah untuk langsiran rangkaian batu bara maupun untuk dinasan kereta batu bara ringan serta beberapa angkutan barang seperti semen, pupuk,dan ballast. Kemudian tahun 1971 didatangkan kembali lokomotif ini sejumlah 5 buah. Dengan demikian lokomotif ini hanya berjumlah 8 unit.

Lokomotif dengan jumlah 8 ini seluruhnya ditugaskan di sumatera selatan untuk dinasan kereta penumpang dan kereta barang. Lokomotif ini selurunya berada di dipo lokomotif Kertapati dan beberapa diantaranya berada di Balai Yasa Lahat, Sumsel. Lokomotif ini pun sempat digunakan untuk menarik kereta KRD Ruwai Jurai yang mogok akibat rusak mesin.

Dari 8 unit ada 2 unit yang status rucat sehingga hanya 6 unit yang mampu beroperasi penuh. yang pertama adalah BB 202 02 yang rusak karena kerusakan mesin yang sangat parah dan minimnya suku cadang mesin 8-645E sehingga dimatikan untuk diambil spare partnya. Yang kedua adalah BB 202 08. Lokomotif ini tidak diketahui penyebab rusaknya karena sudah lama rusak sejak tahun 1990an. Lokomotif ini dirucat sepenuhnya dan hanya tersisa bagian kepala atau kabinnya saja dan kini di pajang di pintu masuk Balai Yasa Lahat, Sumatera Selatan.

Profil Lokomotif BB202
• Panjang body : 11582 mm
• Susunan roda : A1A-A1A
• Lebar body : 2965 mm
• Berat kosong : 62 ton
• Mesin : EMD 8-645E
• Daya mesin : 1100 HP
• Jumlah motor traksi : 4 buah
• Kecepatan maksimum : 100 km/jam

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: