//
you're reading...
Diesel Elektrik

BB203

Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC – DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.

Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co’-Co’ dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.

Jika lokomotif CC201 memiliki enam motor traksi, lokomotif BB203 hanya memiliki empat motor traksi.

Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati dan berjumlah enam buah, bernomor BB20302,BB20303, BB20305, BB20306, BB20308, dan BB20310, lokomotif ini pernah beroperasi di Jawa tetapi sejak tahun 1989 semua lokomotif BB 203 di Jawa satu per satu mulai diubah menjadi CC201. Untuk membedakan yang mana lokomotif hasil rehabilitasi BB 203 menjadi CC 201, huruf belakang tulisan nomor loko yang di-rehab adalah R. Contoh: CC 201 73R

Profil Lokomotif BB203

 

DIMENSI

 

  • Lebar sepur (track gauge)  = 1067 mm
  • Panjang body                     = 14134 mm
  • Jarak antara alat perangkai = 15214 mm
  • Lebar badan (body)            = 2642 mm
  • Tinggi maksimum              = 3636 mm
  • Jarak gandar                       = –
  • Jarak antar pivot                 = 7680 mm
  • Diameter roda penggerak   = 914 mm
  • Diameter roda idle              = –
  • Tinggi alat perangkai         =  –
 

BERAT

  • Berat kosong  = 76 ton
  • Berat siap       = 81 ton
  • Berat Adhesi  = 56 ton
 

MOTOR DIESEL

  1. Tipe: GE-7FDL8( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
  2. Jenis: 4 langkah, turbocharger
  3. Daya Mesin: 1500 HP
  4. Daya ke generator/converter: 1380 HP
 

MOTOR TRAKSI/CONVERTER

  1. Jumlah motor traksi 4
  2. Tipe motor D-29, arus searah
  3. Gear ratio 93 : 18
 

PERFORMANSI

 

  1. Kecepatan maksimum 90 km/jam
  2. Gaya tarik maksimum (adhesi) 16464 kgf
  3. V min kontinyu –
  4. Jari-jari lengkung terkecil 56.7 m
 

Kapasitas

  1. Bahan bakar 3028 lt
  2. Minyak pelumas 625 lt
  3. Air pendingin 682 lt
  4. Pasir 510 lt
 

Lain-lain

  1. Sistem rem Udara tekan, dinamik, parker
  2. Tipe kompresor WBO, gardner denver

 

Berkut ini daftar lokomotif BB 203 yang diubah menjadi CC 201:

Periode 1989-1990 BB20343 CC20173R  
BB20349 CC20174R  
BB20350 CC20175R  
BB20344 CC20176R  
BB20353 CC20177R  
BB20354 CC20178R  
BB20357 CC20179R  
BB20356 CC20180R sekarang menjadi CC20180 setelah tabrakan di stasiun Kapas)
BB20347 CC20181R  
BB20358 CC20182R  
BB20351 CC20183R  
BB20355 CC20184R sekarang menjadi CC20184 setelah mengalami PLH 2011 di Sumatera
BB20359 CC20185R  
BB20342 CC20186R salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203. Digunakan oleh Dipo Lokomotif Kertapati, Sumatera)
BB20346 CC20187R  
BB20348 CC20188R  
BB20345 CC20189R  
BB20352 CC20190R  
Periode 1993 BB20337 CC201111R salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203
BB20341 CC201112R  
Periode 1998-1999 BB20321 CC201126R  
BB20327 CC201127R  
BB20328 CC201128R  
Periode 2004 BB20320 CC201138R  
BB20325 CC201139R  
BB20322 CC201140R  
BB20326 CC201141R  

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: