//
you're reading...
Diesel Hidrolik

C300

Lokomotif C300 adalah lokomotif diesel tipe hidrolik yang dibeli dari pabrik Karl Marx (Jerman) dan mulai didinaskan pada tahun 1957. Lokomotif ini didatangkan oleh DKA (Djawatan Kereta Api) sebanyak 20 unit pada tahun 1957. Lokomotif ini digunakan untuk dinas langsir gerbong barang atau kereta penumpang. Lokomotif C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang. Lokomotif C300 berperan besar dalam mendukung pembangunan stadion Gelora Bung Karno (Senayan, Jakarta) pada tahun 1958 – 1962. Lokomotif C300 digunakan untuk menarik 10 gerbong barang yang berisi pasir dan batu koral dari tepi sungai Cisadane (saat itu terdapat jalan rel dari tepi sungai Cisadane ke stasiun Serpong) ke stasiun Palmerah.

Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi kayu jati di stasiun Klender. Gerbong barang berisi kayu jati tersebut dikirim dari stasiun Cepu (Jawa Timur) atau dari stasiun Kedungjati (Jawa Tengah) ke stasiun Klender (Jakarta). Saat itu, daerah Klender merupakan sentra pembuatan dan penjualan furniture dari kayu. Lokomotif C300 juga digunakan untuk dinas langsir gerbong barang yang berisi semen atau beras dan gerbong barang yang berisi hewan ternak sapi di stasiun Cipinang (Jakarta). Gerbong barang berisi hewan ternak sapi dikirim dari stasiun Kandangan (Jawa Timur) atau dari stasiun Surabaya Kalimas (Jawa Timur).

Karena tidak tersedianya suku cadang, lokomotif C300 harus mengakhiri masa tugasnya pada tahun 2005. Dari 6 unit lokomotif C300, saat ini hanya tersisa 5 unit lokomotif C300. 2 unit C300 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) dan 3 unit C300 berada di dipo lokomotif Tanah Abang. C300 11, C300 12 berada di Museum Transportasi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta) sedangkan C300 01, C300 04, C300 20 berada di dipo lokomotif Tanah Abang. Saat ini tidak ada satupun lokomotif C300 yang masih dapat dioperasionalkan.

Profil Lokomotif C300

  • Panjang body                          : 7100 mm
  • Lebar body                              : 2920 mm
  • Berat kosong                           : 28 ton
  • Daya mesin                             : 330 HP
  • Jumlah motor traksi                 : 1 buah
  • Kecepatan maksimum             : 30 km/jam
  • Motor Diesel                            : Maybach Mercede s Benz (MB) 836 B
  • transmisi                                  : hidrolik Voith L 203 u.
  • Type gandar                            :tipe C

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: