//
you're reading...
Diesel Elektrik

CC200

Lokomotif CC 200 adalah lokomotif diesel pertama di Indonesia [1], buatan pabrik General Electric tahun 1953. Lokomotif diesel elektrik dengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC200 yang tersisa sekarang berada di Dipo Lokomotif Cirebon yaitu CC20015 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Dua “saudara” terakhirnya, CC 200 08 dan CC 200 09 sudah dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta setelah dinyatakan pensiun.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co’ 2 Co’ artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie penggerak masing-masing dengan 3 gandar penggerak dengan 6 motor traksi dan satu bogie idle yang terdiri dari 2 pasang roda.

Perusahaan pembuat General Electric  (USA)
Model UM 106T
Susunan roda AAR C-2-C
Klasifikasi UIC Co’2’Co’
Lebar trak 1.067 mm
Panjang 17.000 mm
Lebar 2.819 mm
Berat lokomotif 92 ton
Kapasitas bahan bakar 1,900 lt
Kapasitas pelumas 750 lt
Kapasitas pendingin 900 lt
Jenis mesin ALCO 244E Generator
Model 5GT-581-A1
Motor traksi 6 buah
Kecepatan maksimum 100 km/jam
Keluaran daya 1750 hp

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: