//
you're reading...
Diesel Elektrik

CC204

Lokomotif CC204 adalah sejenis lokomotif yang dirakit khusus di Indonesia, yaitu hasil kerja sama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.

Keduanya sama-sama bergandar Co’Co’. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Mayoritas lokomotif ini terletak di dipo lokomotif Bandung (BD). Lokomotif CC204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT. Kereta Api Indonesia senilai Rp 20.000.000.000,00. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong. Kecepatan maksimal lokomotif yang diperbolehkan adalah 120 km/jam.

Lokomotif CC204 produksi pertama (Nomor seri 01 – 07)

Lokomotif CC204 produksi pertama adalah lokomotif diesel elektrik dengan transmisi daya elektrik AC-DC yang merupakan hasil rehab dari lokomotif CC201 yang dilakukan pada tahun 2003 dan 2005. Kode yang digunakan untuk CC204 produksi pertama ini adalah C18-Mmi.

Ukuran utama, bagian rangka dasar, bogie, dan body sama dengan lokomotif CC201 Generasi 1 . Lokomotif CC204 01 – 07 dialokasikan di dipo induk Jatinegara, Yogyakarta, dan Sidotopo.

Berikut ini adalah daftar lokomotif CC201 yang dimodifikasi menjadi lokomotif CC204:

  • CC 201 03 menjadi CC 204 01/CC 204 03 01
  • CC 201 11 menjadi CC 204 02/CC 204 03 02
  • CC 201 16 menjadi CC 204 03/CC 204 03 03
  • CC 201 37 menjadi CC 204 04/CC 204 03 04
  • CC 201 32 menjadi CC 204 05/CC 204 03 05
  • CC 201 06 menjadi CC 204 06/CC 204 03 06
  • CC 201 12 menjadi CC 204 07/CC 204 03 07

Lokomotif CC204 produksi kedua (Nomor seri 08 dan seterusnya)

Sejak tahun 2006, telah dioperasikan lokomotif CC204 baru yang mempunyai bentuk kabin yang berbeda dengan lokomotif CC204 01 – 07. Bentuk kabin lokomotif CC204 batch 2 sama dengan bentuk lokomotif CC203. Kode yang digunakan untuk CC204 produksi kedua adalah C20-EMP

Namun, komponen lain seperti mesin diesel, motor traksi, bogie, dan seterusnya sama dengan lokomotif CC204 sebelumnya.

Sampai saat ini jumlah lokomotif CC204 di Indonesia ialah 37 unit (6 unit di Sumatera & 31 unit di Jawa) dan kemungkinan jumlahnya masih akan terus bertambah. Berikut daftar alokasi lokomotif CC204 saat ini.

Alokasi Lokomotif CC204

Dipo Induk

Lokomotif

Jatinegara CC 204 01 (no. baru: CC 204 03 01), CC 204 02 (no. baru: CC 204 03 02), CC 204 21 (no. baru: CC 204 11 01), CC 204 22 (no. baru: CC 204 11 02), & CC 204 37 (no. baru: CC 204 11 17)
Bandung CC 204 13 (no. baru: CC 204 08 06), CC 204 14 (no. baru: CC 204 08 07), CC 204 15 (no. baru: CC 204 08 08), CC 204 16 (no. baru: CC 204 08 09), CC 204 17 (no. baru: CC 204 08 10), CC 204 25 (no. baru: CC 204 11 05), CC 204 26 (no. baru: CC 204 11 06), & CC 204 36 (no. baru: CC 204 11 16)
Semarang Poncol CC 204 10 (no. baru: CC 204 08 03)
Purwokerto CC 204 11 (no. baru: CC 204 08 04), CC 204 12 (no. baru: CC 204 08 05), & CC 204 27 (no. baru: CC 204 11 07)
Yogyakarta CC 204 03 (no. baru: CC 204 03 03), CC 204 04 (no. baru: CC 204 03 04), CC 204 05 (no. baru: CC 204 03 05), CC 204 06 (no. baru: CC 204 03 06), CC 204 08 (no. baru: CC 204 08 01), CC 204 09 (no. baru: CC 204 08 02), & CC 204 34 (no. baru: CC 204 11 14)
Sidotopo Surabaya CC 204 07 (no. baru: CC 204 03 07), CC 204 18 (no. baru: CC 204 10 01), CC 204 19 (no. baru: CC 204 10 02), CC 204 20 (no. baru: CC 204 10 03), CC 204 23 (no. baru: CC 204 11 03), CC 204 24 (no. baru: CC 204 11 04), & CC 204 35 (no. baru: CC 204 11 15)
Kertapati, Palembang CC 204 28 (no. baru: CC 204 11 08), CC 204 29 (no. baru: CC 204 11 09), CC 204 30 (no. baru: CC 204 11 10), CC 204 31 (no. baru: CC 204 11 11), CC 204 32 (no. baru: CC 204 11 12), & CC 204 33 (no. baru: CC 204 11 13)

Keterangan:

  • CC 204 08, CC 204 09, CC 204 10, CC 204 11, CC 204 13, CC 204 14, CC204 15, CC 204 16, & CC 204 17 merupakan lokomotif CC204 batch 2 yang menggunakan logo Kementerian Perhubungan di bagian depannya (short hood).
  • CC 204 03, CC 204 04, CC 204 10, beserta CC 204 22 dan seterusnya tidak memakai plat penomoran lama pada bagian cowhangernya. Hanya memakai plat dengan penomoran baru di bawah kaca samping kabin masinisnya.
  • CC 204 12 & CC 204 18 merupakan lokomotif CC204 yang menggunakan logo PT. KAI terbaru. Lokomotif CC 204 12 menggunakan logo PT. KAI terbaru sekaligus striping baru, sedangkan CC 204 18 hanya menggunakan logo PT. KAI terbaru saja tanpa meninggalkan striping lama era PT. KAI pra 2011.
  • Yang dicetak tebal pada tabel di atas berarti nomor pada lokomotif tersebut telah berganti dengan nomor baru sesuai dengan amanat Peraturan Kementerian Perhubungan RI No. 45/2010.

SPESIFIKASI CC204

 

DIMENSI

 

  • Lebar sepur (track gauge)  = 1067 mm
  • Panjang body                     = 12600 mm
  • Jarak antara alat perangkai = 13500 mm
  • Lebar badan (body)            = 2800 mm
  • Tinggi maksimum              = 3660 mm
  • Jarak gandar                       = 2880 mm, 1600 mm
  • Jarak antar pivot                 = 7050 mm
  • Diameter roda penggerak   = 895 mm
  • Diameter roda idle              = 720 mm
  • Tinggi alat perangkai         =  760 mm
 

BERAT

  • Berat kosong  = 52.8 ton
  • Berat siap       = 55 ton
  • Berat Adhesi  = 44 ton
 

MOTOR DIESEL

  1. Tipe MTU 12 V 396 TC 12
  2. Jenis 4 langkah
  3. Daya Mesin 1230 HP
  4. Daya ke Generator/Converter
 

MOTOR TRAKSI/CONVERTER

  1. Jumlah motor traksi 4
  2. Tipe motor FLD 2057 A
  3. Gear ratio –
  4. Tipe Generator WG xy 450 dw 6 / AC
 

PERFORMANSI

 

  1. Kecepatan maksimum 60 km/jam
  2. Gaya tarik maksimum (adhesi) 8820 kgf
  3. V min kontinyu 20 km/jam
  4. Jari-jari lengkung terkecil 80 m
 

Kapasitas

  1. Bahan bakar 1700 lt
  2. Minyak pelumas 200 lt
  3. Air pendingin – lt
  4. Pasir 80 lt
 

Lain-lain

  1. Sistem rem Udara tekan, dinamik, parker
  2. Tipe kompresor WBO, gardner denver

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: