//
you're reading...
Diesel Elektrik

CC205

Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors, Ontario, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC 202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 4 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 2 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia.

Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe. Artinya adalah: EMD GT38ACe : – G : General Purpose (Untuk segala keperluan) – T : Turbocharger (Dengan turbocharger) – 38 : mesin EMD 710 – 8 silinder (dengan tenaga bisa sampai 3000 HP) – AC : Motor traksi sistem AC-AC

Dengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710G3A , dengan jenis mesin 2 langkah (2 tak)dengan 8 silinder yang sudah dimodifikasi , sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan sistem rem 26L air brake system

Menggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi, kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya.

Mesin yang digunakan CC205 adalah tipe mesin terbaru dan terbaik buatan EMD Canada . Mesin ini adalah jenis mesin yang sama digunakan di lokomotif jenis SD60 series, SD70 series, SD80 series, dan SD9043MAC. Mesin ini berbeda dari mesin EMD 567C, EMD 645E, dan juga GE 7FDL-8 karena mesin ini menggunakan teknologi terbaru sehingga membuat mesinnya rendah polusi dan kebisingan.

SPESIFIKASI CC205

Perusahaan pembuat General Motors Diesel – Electro Motive Diesel (EMD)
Model GT38AC S
Konfigurasi CC 01-06 205
Susunan roda   AAR C-C
Klasifikasi UIC Co’Co’
Lebar trak 1.067 mm
Bogie Fabricated bogie (welded construction)
Panjang 17.678 mm
Berat lokomotif 108 ton
Jenis bahan bakar Diesel
Kapasitas pendingin 662 liters
Konsumsi bahan bakar 3800 liters
Penggerak utama GM-EMD 8 -710 G3A
Jenis mesin Motor diesel Serie 8 -710 G3A
Alternator TA 12/CA9
Motor traksi 6 buah, tipe A 2916-8
Jumlah silinder 8
Kecepatan maksimum 80 km/jam
Keluaran daya 2300 HP

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: