//
you're reading...
Diesel Hidrolik

D301

Lokomotif D301 adalah lokomotif diesel tipe hidrolik yang dibeli dari pabrik Krupp (Jerman) dan mulai didinaskan pada tahun 1962. Lokomotif D301 didatangkan oleh DKA (Djawatan Kereta Api) sebanyak 80 unit pada tahun 1962. Lokomotif D301 digunakan untuk dinas langsir menyusun gerbong barang / kereta penumpang atau untuk menarik kereta penumpang / gerbong barang di rute cabang. Lokomotif D301 didatangkan untuk menggantikan peran lokomotif-lokomotif uap tipe kecil seperti lokomotif uap C11, C12, C13, C14, C15. Selain untuk kegiatan langsir, lokomotif D301 juga pernah digunakan untuk menarik kereta campuran yang terdiri dari 2 kereta penumpang dan 3 gerbong barang, yaitu pada rute

Semarang – Demak – Rembang – Blora, Demak – Purwodadi – Gambringan, Yogyakarta – Magelang, Yogyakarta – Bantul dan Solo Purwosari – Wonogiri.

D301 merupakan salah satu perintis modernisasi lokomotif di pulau Madura (Jawa Timur) sampai dengan ditutupnya operasional kereta api di pulau Madura pada tahun 1987. Lokomotif D301 selalu identik dengan jalan rel yang berdampingan dengan jalan raya sehingga lokomotif D301 hanya dijinkan berjalan dengan kecepatan maksimum 25 km/jam. Lokomotif ini mampu beroperasi di jalan rel kategori kecil (tipe R25 atau R33). Lokomotif D301 berperan untuk menambah atau mengurangi gerbong barang / kereta penumpang dalam rangkaian kereta. Kegiatan langsir biasanya dipandu oleh seorang juru langsir.

Kegiatan Langsir oleh Lokomotif D301 dapat dilakukan di wilayah stasiun maupun di luar wilayah stasiun dengan ketentuan tidak mengganggu perjalanan kereta api, seperti kegiatan langsir untuk bongkar/muat bahan bakar minyak di dipo pertamina atau kegiatan langsir untuk bongkar/muat angkutan semen/pupuk di dalam wilayah pabrik.

Untuk spesifikasi teknis mesin, motor diesel berdaya 340 HP (horse power), berat 28 ton, dan dapat mencapai kecepatan maksimum 50 km/jam serta menggunakan transmisi hidrolik Krupp 2W1L4-15. Lokomotif ini memiliki gandar tipe D artinya memiliki 4 roda penggerak yang dihubungkan menjadi satu poros. Lokomotif D301 ini hanya memiliki satu kabin masinis. Pada tahun 1992, dilakukan repowering pada lokomotif D301. Tujuan repowering adalah untuk mengembalikan kinerja lokomotif seperti kondisi awal/baru dan memperpanjang masa pakai lokomotif. Walaupun lokomotif D300 dan lokomotif D301 memiliki bentuk dan susunan roda yang sama namun secara teknis ada sedikit perbedaan. D301 memiliki berat 28 ton sedangkan D300 memiliki berat 34 ton.

Karena keterbatasan suku cadang dan usia yang semakin tua, saat ini lokomotif D301 hanya difungsikan untuk dinas langsir saja. Dari 60 unit lokomotif D301, saat ini hanya tersisa 24 unit lokomotif D301 yang masih siap operasi yaitu:

  • D301 06 (Cilacap),
  • D301 13 (Cilacap),
  • D301 17 (Semarang Poncol),
  • D301 19 (Sidotopo),
  • D301 21 (Manggarai),
  • D301 22 (Solo),
  • D301 25 (Sidotopo),
  • D301 27 (Cepu),
  • D301 28 (Cirebon),
  • D301 33 (Sidotopo),
  • D301 36 (Cirebon),
  • D301 44 (Yogyakarta),
  • D301 48 (Cilacap),
  • D301 49 (Cilacap),
  • D301 50 (Madiun),
  • D301 55 (Solo),
  • D301 58 (Manggarai),
  • D301 59 (Semarang Poncol),
  • D301 61 (Sidotopo),
  • D301 62 (Sidotopo),
  • D301 64 (Sidotopo),
  • D301 72 (Cilacap),
  • D301 76 (Yogyakarta),
  • D301 80 (Pekalongan).

Lokomotif D301 06 merupakan satu-satunya lokomotif D301 yang memiliki 12 silinder original dari pabriknya sedangkan lokomotif D301 yang lain sudah menggunakan 8 silinder dari hasil repowering di Balai Yasa Yogyakarta.

Profil Lokomotif D301

  • Panjang body : 7370 mm
  • Lebar body : 2700 mm
  • Berat kosong : 26,6 ton
  • Daya mesin : 340 HP
  • Jumlah motor traksi : 1 buah
  • Kecepatan maksimum : 50 km/jam

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: