//
you're reading...
Jalur Kereta Api

DAOP II Bandung

Staatsspoorwegen (SS) sangat berambisi untuk membangun jalur kereta api dari Bogor menuju bandung yang memlalui Sukabumi, Cianjur, dan Padalarang. Ketiga daerah ini memang sangat kaya akan hasil bumi seperti teh, kopi , dan kina.

 

Pangandaran juga memiliki hasil bumi yang berlimpah seperti kelapa, kayu bahan bangunan, hasil laut, serta keindahan pantai. Maka dibuatlah jalur cabang dari Banjar sampai Cijulang sepanjang 82 Km pada tahun 1916-19221

 

Dari Bandung perusahaan kereta Hindia Belanda ini terus menyambung sabuk besinya secara bertahap hingga mencapai Yogyakarta.

 

Menurut saya, jalur yang terdapat di wilayah DAOP2 sangat memukau  dengan pemandangannya. Jalur ini membelah persawahan, bukit, dan naik turun lereng pegunungan khas daerah Parahiangan.

 

Kereta api penumpang yang berada di bawah pengoperasian DAOP 2 Bandung di antaranya adalah:

  1. Kereta api Argo Parahyangan, kereta campuran bisnis dan eksekutif tujuan stasiun Gambirstasiun Bandung
  2. Kereta api Argo Wilis, kereta eksekutif argo tujuan stasiun Bandungstasiun Surabaya Kota.

 

 

Berikut tabel Pembukaan jalur Kereta Api yang ada di wilayah DAOP 2 Bandung

 

Perusahaan

Lintas

Petak Jalan

Jarak (KM)

Tanggal Pembukaan

Staatsspoorwegen (Westerlijnen)

Bogor – Cicalengka Sukabumi – Cianjur

39

10 mei 1883
Cianjur – Bandung

60

17 Mei 1884
Bandung  – Cicalengka

27

10 September 1884
Cicalengka – Warung Bandrek dan Cibatu – Garut Cicalengka – Warung Bandrek dan Cibatu – Garut

51

14 Agustus 1889
Garut – Cikajang Garut – Cikajang

Warung Bandrek – Cilacap Cibatu – Tasikmalaya

56

16 September 1893
Tasikmalaya – Kasugihan

118

1 November 1894
Tasikmalaya – Singaparna Tasikmalaya – Singaparna

17

01 Juni 1911
Banjar – Parigi Banjar – Kalipucang

43

15 Desember 1916
Kalipucang – Cijulang

39

01 Januari 1921
Padalarang – Karawang Karawang – Purwakarta

41

27 Desember 1902
Purwakarta – Padalarang

56

02 Mei 1906
Rancaekek – Tanjungsari Rancaekek – Tanjungsari

12

13 Febuari 1921
Bandung – Kopo – Ciwidey Bandung – Soreang -dengan lintas sambungan Kiara Condong – Karees

29

13 Febuari 1921
Soreang – Ciwidey

12

17 Juni 1924
Dayeuhkolot  – Majalaya Dayeuhkolot  – Majalaya

18

03 Maret 1922

 

 

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: